Liverpool Fc

Selasa, 01 Oktober 2013

ANALOGI, SINONIM, ANTONIM DAN LOGIKA

ANALOGI
1.      BAROMETER : TORICELLI =
a.       Penissilin : fleming
b.      Electron : newton
c.       Lampu pijar : rontgen
d.      Radio : Marconi
e.       Piala : nobel

Jawaban : d
Pembahasan:
“BAROMETER : TORICELLI” merupakan pasangan kata yang mempunyai hubungan sebagai suatu alat ( barometer ) dengan orang yang menemukannya ( toricelli ).
Jadi, pasangan kata yang mempunyai hubungan kata yang sama adalah “radio : Marconi”. Marconi adlah penemu radio.

2.      INTERKOM : KOMUNIKASI =
a.       Pekarangan : rumah
b.      Capek : rehat
c.       Buku : perpustakaan
d.      Lauk : makan
e.       Pohon : hutan

Jawaban : e
Pembahasan :
“INTERKOM : KOMUNIKASI” merupakan pasangan kata yang menyatakan salah satu bagian dari yang lainnya. ( intercom adalah merupakan salah satu bagian komunikasi).
Jadi pasangan kata yang mempunyai hubungan sama adalah “pohon : hutan”. ( pohon adalah salah satu daribanyak tumbuhan dihutan).

3.      DONGENG : PERISTIWA=
a.       Fiktif : fakta
b.      Data : ramalan
c.       Tesis : antithesis
d.      Rencana : proyeksi
e.       Dugaan : hipotesis

Jawaban : a
Pembahasan :

“DONGENG : PERISTIWA” merupakan pasangan kata yang menyatakan kejadian yang tidak benar benar terjadi dengan kejadian yang benar benar terjadi.
Jadi pasangan kata yang mempunyai hubungan sama adalah “fiktif : fakta”.

4.      RAMALAN : ASTROLOGI=
a.       Fosil : antropologi
b.      Sekolah : pedagogic
c.       Asal usul bangsa : etimologi
d.      Penyakit : patologi
e.       Asal usul kata : etnologi

Jawaban : d
Pembahasan :
“RAMALAN : ASTROLOGI” merupakan pasangan kata yang menyatakan bagian dari suatu ilmu pengetahuan.
Jadi, pasangan kata yang mempunyai hubungan sama adalah “penyakit : patologi”. ( patologi adalah ilmu tentang penyakit )

5.      KELOPAK MATA : KORDEN =
a.       Rumah : pintu
b.      Cat : tembok
c.       Tembok : jendela
d.      Mata : jendela
e.       Masker : muka

Jawaban : d
Pembahasan :
“KELOPAK MATA : KORDEN” merupakan pasangan kata yang mempunyai fungsi sama, untuk menutup.
Jadi, pasangan kata yang mempunyai hubungan sama adalah “mata : jendela”. ( mata ditutup dengan kelopak mata dan jendela ditutup dengan korden/gorden ).

SINONIM
1.      DESKRIPSI=
a.       Pelukisan
b.      Pembatalan skripsi
c.       Penanaman modal
d.      Pemahatan naskah
e.       Pemangkasan

Jawaban : a
Pembahasan :

DESKRIPSI : pemaparan atau penggambaran dengan kata kata secara jelas dan terperinci.
Jadi, kata yang mempunyai arti yang sama dengan deskripsi adalah pelukisan.

2.      FLEGMATIS=
a.       Hipotesis
b.      Fleksibel
c.       Bertemperamen lamban
d.      Berbau getah bening
e.       Pragmatis

Jawaban : c
Pembahasan :

FLEGMATIS : bertempramen lamban, tidak mudah terangsang, dan mempunyai kebiasaan yang sukar diubah.
Jadi, pengertian yang sama dengan flegmatis adalah bertempramen lamban.

3.      FRAGMENTASI=
a.       Penceramah
b.      Pencuplikan
c.       Pembabakan
d.      Pemanisan
e.       Peragian

Jawaban : b
Pembahasan :

FRAGMENTASI : pencupikan ( cerita ) ; atau pembiakan seksual dengan jalan membelah menjadi beberapa bagian, setiap bagian dapat berkembang menjadi organisme baru ( biologi ).
Jadi, arti yang sama dengan fragmentasi adalah pencuplikan.

4.      INTERIM=
a.       Sementara
b.      Internal
c.       Selingan
d.      Antar pribadi
e.       Wawncara

Jawaban : a
Pembahasan:

INTERIM :  Sementara; sementara waktu.
Jadi, arti yang sama dengan interim adalah sementara

5.      DEMISIONER=
a.       Pension
b.      Calon gagal
c.       Habis masa jabatan
d.      Kartu mati
e.       Mengemban bisnis

Jawaban : c
Pembahasan :

DEMISIONER : keadaan tanpa kekuasaan ( misalnya suatu kalimat yang telah mengembalikan mandate kepada kepala negara, tetapi masih melaksanakan tugas sehari hari sambil menunggu dilantiknya cabinet baru )
Jadi, arti yang sama dengan demisioner adalah habi masa jabatan.



ANTONIM
1.      INTROJEKSI ><
a.       Proyeksi
b.      Bias
c.       Forecasting
d.      Perpaduan
e.       Penekanan

Jawaban : e
Pembahasan:
INTROJEKSI : memasukkan sikap atau gagasan kedalam diri seseorang secara tidak sadar.
Jadi, kata yang mempunyai arti yang berlawanan dengan introjeksi adalah penekanan.

2.      OPAS ><
a.       Tentara
b.      Pimpinan
c.       Pesuruh
d.      Divisi
e.       Prajurit

Jawaban : b
Pembahasan:
OPAS : penjaga kantor, agen polisi
Jadi, kata yang mempunyai arti berlawanan dengan opas adalah pimpinan.

3.      ABOLISI ><
a.       Pengurangan
b.      Keringanan
c.       Pemberatan
d.      Potongan
e.       Pemotongan

Jawaban : c
Pembahasan :
ABOLISI : peniadaan peristiwa pidana ( hokum 0 ; penghapusan.
Jadi, kata yang mempunyai arti berlawann dengan abolisi adalah pemberatan.

4.      PLURAL ><
a.       Banyak
b.      Ganda
c.       Sendiri
d.      Sedikit
e.       Tunggal

Jawaban : e
Pembahasan :
PLURAL : jamak; lebih dari satu.
Jadi, kata yang mempunyai arti berlawanan dengan plural adalah tunggal ( singular )

5.      INTRODUKSI ><
a.       Penutup
b.      Pendahuluan
c.       Preambul
d.      Preposisi
e.       Pengantar

Jawaban : a
Pembahasan :
INTRODUKSI : bagian karangan yang menyatakan pendahuluan .
Jadi, kata yang mempunyai arti berlawanan dengan introduksi adalah penutup

LOGIKA

1.      Semua anak pandai bernyanyi.
Sebagian anak pandai memainkan gitar.
Sebagian anak yang bermain gitar juga pandai meniup suling.

a.       Anak yang pandai bermain gitar tentu pandai bernyanyi
b.      Anak yang pandai ermain gitar tentu pandai meniup suling
c.       Anak yang pandai meniup suling tentu pandai bernyanyi
d.      Anak yang pandai bernyanyi belum tentu dapat bermain suling
e.       Sebagian anak pandai bernyanyi, bermain gitar, dan meniup suling

Jawaban : d
Pembahasan :
Berdasarkan pernyataan dapat dibuat diagram venn dengan S=semua anak pandai bernyanyi.

Kesimpulannya :
-          Anak yang pandai bernyanyi belum tentu dapat bermain gitar
-          Anak yang pandai bernyanyi belum tentu dapat bermain sulling

2.      Semua sepeda memiliki lampu.
Sebagian lampu berwarna merah

a.       Semua sepeda memiliki lampu merah
b.      Tidak semua lampu sepeda berwarna merah
c.       Lampu merah bagian perlengkapan semua sepeda
d.      Sebagian sepeda memiliki lampu berwarna merah
e.       Tidak ada sepeda yang berlampu selain merah

Jawaban : b
Pembahasan :

Pernyataan : semua sepeda memiliki lampu
                   Sebagian lampu berwarna merah

Kesimpulan : “tidak semua lampu sepeda berwarna merah.”

3.      Beberapa benda yang memuai adalah logam.
Semua logam adalah benda padat.

a.       Hanya logam yang memuai merupakan benda padat
b.      Benda yang bukan logam tidak memuai
c.       Beberapa benda padat dapat memuai
d.      Benda padat dapat memuai
e.       Benda yang memuai adlah logam

Jawaban : e
Pembahasan :

Beberapa benda yang menuai adalah logam
Semua logam adalah benda padat
Maka “ benda yang menuai adalah logam.”

4.      Semua suku bangsa x berkulit cokelat , berambut keriting, dan berbadan kurus. Semua suku bangsa y berkulit hitam dan berambisi keriting. Sedikit sekali orang suku z yang berambut keriting . si abai dilahirkan didaerah z, beranmbut keriting dan berkulit kuning

a.       Abai pasti bukan suku bangsa x
b.      Abai pasti bukan suku bangsa y
c.       Abai pasti bukan suku bangsa z
d.      Abai keturunan suku bangsa x dan y
e.       Abai bukan suku bangsa x, y ataupun z

Jawaban : d
Pembahasan :

Berdasarkan pernyataan pernyataan dalam soal, maka opsi kesimpulan yang bernilai benar adalah : “abai keturunan suku bangsa x dan y.”

5.      Dalam semester kedua, pelajaran kimia akan dimasukkan kedalam kurikulum jika pelajaran fisika dimasukkan kedalam kurikulum.
Pelajaran biologi dimasukan kedalam kurikulum jika pelajaran fisika dimasukkan.

a.       Jika pelajaran kimia dimasukkan kedalam kurikulum, maka pelajaran fisika juga dimasukan kedalam kurikulum
b.      Jika pelajaran fisika dimasukkan kedalam kurikulum , maka pelajaran kimia dimasukkan kedalam kurikulum
c.       Jika pelajaran fisika tidak dimasukan kedalam kurikulum belum tentu pelajaran biologi tidak dimasukkan kedalam kurikulum
d.      Jika pelajaran biologi dimasukkan kurikulum, maka kimia juga dimasukkan
e.       Pelajaran biologi dimasukkan dalam kurikulum, tetapi pelajaran fisika tidak dimasukkan

Jawaban : b
Pembahasan :

Pernyataan : “pelajaran kimia akan dimasukan kedalam kurikulum jika pelajaran fisika dimasukkan kedalam kurikulum.”
Kesimpulan bernilai benar: “jika pelajaran fisika dimasukkan kedalam kurikulum, maka pelajaran kimia dimasukkan kedalam kurikulum.”

sumber : buku tes bakat skolastik, tim SDM yayasan pendidikan haster



1 komentar: