Liverpool Fc

Rabu, 21 November 2012

Me, I, Myself, Football and Liverpool Fc


Sepakbola, sebuah kata yang sederhana tapi memliki banyak arti buat gue. sejak SD hobi gue itu main bola. menginjak SMP gue mulai suka sama yang namanya sepakbola luar negeri. klub pertama yang gue suka itu adalah man.utd. kenapa sih gue sukanya sama united?? soalnya waktu itu manchester united lagi bagus bagusnya lagian juga gara gara ikutan temen. nah tapi pas semifinal Liga champions lawan Milan Mu kalah, 3-0 ga tau kenapa gue ngerasa jijik sama yang namanya MU. sebelumnya gue udah mulai suka sama yang namanya Liverpool Fc. nah semenjak Mu kalah itu gue liat tayangan acara sebuah stasiun televisi swasta tentang persiapan liga champions 2007 antara Liverpool vs Ac Milan. saat itu gue liat sang kapten dari Liverpool ( Steven Gerrard ) turun dari bis. Sejak itu rasa cinta gue terhadap Liverpool mulai tumbuh dengan pesat. ya memang sih awalnya gue suka Liverpool karena seorang steven gerrard, tapi berselang beberapa tahun ini gue sadar gue cinta sama Liverpool bukan karena gerrard. gue suka gerrard karena dia bermain untuk Liverpool. Liverpool sekarang memang bukan klub yang lagi jaya jaya nya. bisa dibilang 2 tahun belakangan ini Liverpool sedang dalam masa masa tersulitnya. tapi tetep aja sih gue cinta sama yang namanya Liverpool fc. ga tau kenapa,  mungkin juga karena kata kata dari Bill Shankly kali ya hehehe.. kata Shankly " if u cant support us when we draw or lose, dont ever support us again when we win". kata kata itu buat gue sangat dalam. Selama ini sebagai Fans nya Liverpool gue selalu dapet cobaan. dari ortu lah, temen lah etc. tapi gue selalu berusaha buat yakinin mereka kalo Liverpool itu bawa dampak positif buat gue. waktu kelas 1 sma nilai gue jelek, nyokap bilang "nanti nanti mah ga usah nonton bola lagi kalo nilai masih jelek". gue cuma diem dan gue berusaha lebih giat belajar lagi. dan alhasil nilai gue terus membaik. belum lagi orang orang suka bilang " jangan terlalu fanatik sama sesuatu". dalam lubuk hati gue yang paling dalam gue tau kok mana batas yang ga boleh gue lewati, gue tau dimana batasnya. walaupun gue sering bilang Liverpool mylife atau apapun lah cmon guys its only words!!!!!! kalo di suruh milih antara Liverpool atau keluarga pasti lah gue milih keluarga!!! gue juga ga segila yang kalian pikir bakal ngelakuin apapun demi  liverpool, gue masih punya akal sehat kok. jadi jangan khawatir :) oh iya selain gue suka nonton bola gue juga suka main futsal lohh hahahaha dan gue pake no punggung no 8 hehehe bisa dibilang gerrardnya cwe hehehe. Pengetahuan gue tentang Liverpool pun ga luas luas amat atleast gue tau lah dasar dasarnya. Liverpool itu adalah sebuah klub yang  berdiri pada tahun 1892 yang didirikan oleh john houlding. Liverpool itu bermarkas di Anfield stadium yang kira kira bisa menampung 45 ribu lebih penonton. maka dari itu liverpool juga mendapat julukan The Anfield Gank. mau tau nih gambarnya dapet dari mbh google, sekalian deh sama gambar yang lainnya juga :D






Lambang Liverpool itu terkenal dengan ukiran yang bertuliskan You'll never walk alone. itu adalah lagu yang sering di nyakikan oleh fans liverpool ketika Liverpool bertanding.sementara lambang burung yang tersemat pada logo liverpool itu dnamakan Liverbird. konon burung ini dapat menyembuhkan luka yang ada padanya dengan sendirinya. Liverpool adalah salah satu klub tersukses di britania raya selain Manchester united. Liverpool sudah meraih 18 gelar liga inggris, 5 Liga champions, 3 kali juara liga eropa, 7 kali juara Fa cup, 8 kali juara piala Liga ( sekarang capital cup ), 15 kali juara community shield dan 3 kali menjadi juara piala super eropa. ( kalo ada yang salah mohon maaf hehehe ). 

Tapi selain itu Liverpool mempunyai sejarah yang kelam dibanding klub klub epl lainnya. pada tahun 1985 pada saat final liga champions melawan juventus. pada saat itu ultras hooligans Liverpool menyerang fans juve sehingga menyebabkan 35 orang meninggal dunia. tragedi tersebut dinamankan sebgai tragedi heysel. akibat dari tragedi itu klub klub dari inggris dilarang tampil di kejuaraan eropa selama 5 tahun. itulah yang menyebabkan Liverpool sempat dikucilkan bahkan sampai sekarang terutama fans dari manchester united sering mengolok lfc karena tragedi tersebut. terlebih lagi pada tahun 1989 Liverpool mendapatkan musibah yang lebih mengerikan, yaitu terjadi tragedi hillsborough. pada saat semifinal piala fa melawan sheffield wednesday, stadion ambruk dan menyebabkan 96 orang supporter Liverpool meninggal. pada saat itu polisi setempat meyalahkan para supporter Lfc karena memaksa masuk ke dalam stadion padahlal kapasitas stadion itu tidak mencukupi. seluruh keluarga besar LFC tidak terima dengan pernyataan pihak kepolisian setempat dan akhirnya fans liverpool selalu meyerukan "JUSTICE FOR THE 96" . Akhirnya setelah 23 tahun kejadian tersebut terjadi, kebenaran pun muncul dan fans Liverpool dinyatakan tidak bersalah dalam kasus itu, pm dari inggris pun langsung meminta maaf pada keluarga korban. pada tragedi hillsborough tersebut, korban meninggal salah satunya adalah sepupu dari steven gerrard yang berumur 10 tahun. 

dan dalam kebenaran yang baru 23 tahun terungkap itu, ada beberapa fans dari Manchester united yang meludahi monumen tragedi hillsborough. menurut gue itu adalah perbuatan yang sangat tidak berprikemanusiaan. bagaimana bisa mereka meludahi monumen tragedi itu??? akhirmya ketiga orang itu pun di tangkap kepolisian merseyside. setiap kali gue ngebahas tragedi ini air mata gue selalu ngalir :( selalu ngebayangin gimana kalo gue ada di tempat kejadian itu dan gue disebut pembunuh :(

you will never walk alone 96 :)

mungkin cukup sekian ya ceritanya udah malem juga kan yah hehehe

referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Liverpool_F.C.#Tragedi
referensi gambar :

  • http://www.google.co.id/imgres?um=1&hl=id&sa=G&tbo=d&biw=1366&bih=667&tbm=isch&tbnid=Af4A-puOLlK12M:&imgrefurl=http://iwoensoak.blogspot.com/2012/06/jadwal-lengkap-liverpool-fc-musim.html&docid=ozoPcTLSNjCpqM&imgurl=https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBxHGmBmck9JsRbP4KguWgimmIo1bHRwaVWw62I7BeuSZlVh0CtxkI3VmhQZ6s0-FH3ez0run6jtEMNSDt9gTGO-qqeKhBM4WRmbp2xJYokYNtoJlTYwYidLPZm3O0GZY4o63ml6xx6nw/s1600/Jadwal%252BLengkap%252BLiverpool%252BFC%252BMusim%252B2012-2013.jpg&w=1024&h=768&ei=HNrqUO6zLcSXkQXF44G4Cg&zoom=1&iact=hc&vpx=532&vpy=127&dur=292&hovh=194&hovw=259&tx=167&ty=97&sig=100666983983965812355&page=1&tbnh=139&tbnw=175&start=0&ndsp=26&ved=1t:429,r:3,s:0,i:93
  • http://www.google.co.id/imgres?um=1&hl=id&sa=G&tbo=d&biw=1366&bih=667&tbm=isch&tbnid=Af4A-puOLlK12M:&imgrefurl=http://iwoensoak.blogspot.com/2012/06/jadwal-lengkap-liverpool-fc-musim.html&docid=ozoPcTLSNjCpqM&imgurl=https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBxHGmBmck9JsRbP4KguWgimmIo1bHRwaVWw62I7BeuSZlVh0CtxkI3VmhQZ6s0-FH3ez0run6jtEMNSDt9gTGO-qqeKhBM4WRmbp2xJYokYNtoJlTYwYidLPZm3O0GZY4o63ml6xx6nw/s1600/Jadwal%252BLengkap%252BLiverpool%252BFC%252BMusim%252B2012-2013.jpg&w=1024&h=768&ei=HNrqUO6zLcSXkQXF44G4Cg&zoom=1&iact=hc&vpx=532&vpy=127&dur=292&hovh=194&hovw=259&tx=167&ty=97&sig=100666983983965812355&page=1&tbnh=139&tbnw=175&start=0&ndsp=26&ved=1t:429,r:3,s:0,i:93



3 komentar: